Tuesday, August 2, 2016

Artikel Deface

Deface


·        Pengertian Deface
Deface adalah kegiatan mengubah halaman website orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut, pastinya ini adalah kejahatan dunia cyber untuk mengganggu informasi yang dimunculkan pada halaman situs yang dimaksud. Deface terkenal juga dengan sebutan cybergrafitti yaitu corat-coret website tertentu.
Deface dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan dari website tersebut.
·        Contoh kasus Deface :
a)ketika pada akhir tahun 2002 seiring dengan isu warga Indonesia di Australia, sehingga beberapa situs Australia mengalami serangan ini.
b)Begitu juga ketika perebutan Ambalat antara Indonesia dengan Malaysia, beberapa situs Malaysia pun mengalaminya, peristiwa penyerbuan karena kasus Ambalat ini disebut dengan e-ganyang.
·        Cara menangkal Deface :
1.     Rutin melakukan update, upgrade dan patch pada sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang dipakai.
2.     Memeriksa ulang dan memperbaiki konfigurasi pada sistem operasi, web server dan aplikasi lainnya.
3.     Menganalisa kembali service-service yang aktif, matikan jika tidak perlu.
4.     Mengatur jadwal untuk melakukan backup data penting, file konfigurasi sistem, database, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi deface, anda tinggal menggunakan data backup.
5.     Melindungi server dengan firewall dan IDS. Kedua tools ini ampuh untuk mengatasi serangan denial of service(DoS) attack.
6.     Selalu memperhatikan hal-hal yang mencurigakan pada server, baca log system operasi, log web server ataupun log aplikasi.
7.      Melakukan vulnerability scanning secara rutin, juga melakukan private security test.



Daftar Pustaka


0 komentar:

Post a Comment